Rabu, 16 April 2014

Kuliner

MAKANAN TRADISIONAL KHAS SOLO

·      NASI

Nasi Liwet
Adalah beras yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam sehingga membuat nasi terasa gurih dan lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayuran jipang (labu siam) yang dimasak pedas, telur rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (kuah santan yang dikentalkan).

Referensi :
Nasi liwet Wongso Lemu (daerah Keprabon, Jalan Teuku Umar)
Nasi Liwet Yu Sani (kawasan Solo Baru)
Nasi liwet ma Cabuk Rambak (di perempatan Mangkuyudan)






Nasi Tumpang
Adalah nasi putih yang ditumpangi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, dan kacang panjang lalu disiram dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari campuran santan dan tempe semangit yang dihaluskan.

Referensi :
Nasi Tumpang (daerah Lapangan Manahan, buka dari 05.00 s/d siang)



·      SELAT SOLO DAN BESTIK

Selat Solo
Adalah salah satu bentuk percampuran masakan berkuah asal barat dengan selera lidah lokal. Racikan selat solo adalah salad terdiri dari daging yang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur rebus, dan mayones, kemudian disiram kuah kecap encer.

Referensi :
Warung Selat Mbak Lies (daerah Serengan)
Rumah Makan Kusuma Sari (di Jalan Slamet Riyadi)




Bestik
Bestik merupakan potongan daging cincang yang disiram kuah kecap lengkap dengan potongan wortel dan kentang serta selada.
Referensi :
Bestik Harjo (Jalan Radjiman, buka 18.00 - 01.00)




·      SATE

Sate Kere
Adalah sate tempe gembus (tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu)

Referensi :
Sate Kere Yu Rebi (daerah Penumping dekat Stadion Sriwedari)
Sate Kere Marsudirini (di depan TK Marsudirini, buka pagi - siang)





Sate Buntel
Adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat.

Referensi :
Sate Buntel Tambak Segaran (Sutan Syahrir No 39, Widuran)




·      TENGKLENG DAN GULE

Tengkleng
Semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan usus, sate jerohan, otak dan organ-organ lain seperti mata, telinga, pipi, kaki dan lain-lain.

Referensi :
Ibu Ediyem (dekat Gapura Pasar Klewer)
Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jl. Letjend Sutoyo Ngadisono RT 04/XIV



  
Gule
Gule kambing yang berkuah santan kental dimasak diatas anglo (kompor) arang sampai kering. Proses ini akan membuat daging semakin empuk dan menciptakan rasa unik dan khas.

Referensi :
Gul-Gor - Gule Goreng Jl. Diponegoro (sebelah bekas gedung bioskop Dedy Teather dan di depan RS Kustati Pasar Kliwon)




·      TIMLO SOLO

Timlo Solo
Adalah hidangan berkuah bening yang berisi 'sosis' daging ayam yang dipotong-potong, potongan telur pindang, hati dan ampela ayam.

Referensi :
Timlo Sastro (Balong Pasar Gede atau di cabangnya di Pasar m'Beling)
Timlo Solo (Jl. Urip Sumoharjo)
Timlo Maestro Triwindu (Jl Triwindu)



·      KETROPAK, PECEL DAN TAHU KUPAT

Ketropak Solo
Adalah daging, kuah, tempe, tahu, seledri, karak, mie, kol, tauge, kubis, kacang tanah, sosis solo basah, bihun. Tapi walaupun kuahnya dari rebusan daging, meskipun dibiarkan lama, kuahnya tidak mengendap atau mengental.

Referensi :
Toprak Yu Nani (Jl Kartopuran)



 Pecel Ndeso
Adalah nasi pecel yang nasinya berasal dari beras merah, berisikan dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambalnya ada dua pilihan, sambal kacang seperti pecel pada umumnya atau sambal wijen yang memiliki dua pilihan, wijen putih atau hitam.

Referensi :
Waroeng Tempo Doeloe Pecel Solo (Jl Dr Supomo No 55, Pasar m'Beling)




 Tahu Kupat
Salah satu makanan khas Solo yang terdiri dari ketupat, mi basah, taoge, tahu goreng, bakwan yang dipotong-potong dan kacang goreng yang disiram dengan bumbu kecap manis. Sebagai tambahan kadang juga ditambah telur dadar.

Referensi :
Tahu Kupat Solikhin (sebelah Masjid Solikhin, deket Hotel Sahid Raya)






·      GUDEG

Gudeg Ceker
Berbahan dasar ceker (kaki ayam) yang menjadi pendamping yang dihidangkan bersama gudeg. Ceker direbus dengan bumbu santan yang direbus dengan bumbu santan sehingga terasa lunak dan lezat. Selain gudeg, ceker juga dapat disajikan sebagai makanan pendamping bubur.

Referensi :
Gudeg Ceker Bu Kusno Margoyudan (Jl. Wolter Monginsidi, buka 02.00 - pagi)


  

·      WEDANGAN

Susu Murni
Dijajakan di tenda-tenda mulai sore hari. Menu utamanya adalah susu segar murni, akan tetapi ada menu lain seperti susu sirup, susu coklat, susu jahe, susu madu, bahkan susu telor.

Referensi :
Shi Jack (Lodji wetan di Jl. Kapten Mulyadi)



Wedang Dongo
Adalah minuman beraroma jahe ini mirip dengan wedang ronde. Wedang dongo terdiri dari bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, kemudian disiram dengan air jahe manis.

Referensi :
Mbah Loso (sebelah Barat Alun-Alun dan Kantor Bupati Karanganyar)






·      BEBEK

Bebek Goreng
Referensi :
Bebek Pak Slamet (Di Kartasura, buka 07.00 dan deket Makro buka 18.00)





·      CABUK RAMBAK
Ketupat sering disebut juga dengan gendar janur, karena beras sebagai bahan utama ketupat dimasak dalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda. Yang membedakan dengan makanan ketupat di daerah lain adalah bumbunya. Bumbu cabuk rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri dan gula merah.

Referensi :
Cabuk Rambak & Pecel Ndeso “Yu Temu”
Buka: 06.00 -  11.00 WIB
Lokasi: Belakang Stadion Manahan Solo


  
·      TAHOK
Makanan yang konon berasal dari Cina, terbuat dari dari ampas kedelai yang menggumpal seperti agar-agar lembek, kemudian disiram dengan kuah dari campuran gula dan jahe sehingga terasa hangat.

Referensi :
Di utara kretek gantung, lodji wetan atau diselatan pasar besar.



·      GEMPOL PLERET
Terbuat dari tepung beras kasar yang dibuat bulatan-bulatan berdiameter sekitar 1,5 cm. Bulatan ini kemudian disiram dengan kuah santan dan gula kelapa.

Referensi :
Di depan toko Abon Varia, Coyudan, pasar tradisional dan banyak juga penjaja keliling yang menjual gempol pleret.



·      DAWET AYU PASAR GEDE
Dawet ini berasal dari cendol dari tepung beras atau Onggok, ketan hitam, dan selasih yang disiram dengan sirup dari gula kelapa yang berwarna bening.

Referensi :
Pasar Gede Hardjonagoro di pagi hari.





MAKANAN OLEH-OLEH KHAS SOLO

·      SERABI SOLO
Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, dan santan. Serabi Solo berbentuk bulat seperti piring dengan kerak disekelilingnya. Serabi Solo memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang.

Referensi :
Serabi Notosuman Jl. M. Yamin 28 Solo Kota/Serengan


  
·      INTIP
Adalah kerak nasi yang dijemur sampai kering, kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Setelah matang ditaburi garam dan adonan gula merah cair. Intip ini terasa gurih karena sari dari nasi yang mengumpul di kerak nasi yang ada di dasar periuk.

Referensi :
Intip banyak dijumpai di toko oleh-oleh daerah Pasar Klewer, Pasar Jongke, Pasar Singosaren, depan Toko Orion, dan toko intip di sebelah utara Mangkunegaran



·      ROTI KECIK
Toko roti yang mempunyai produk khas yaitu sejenis roti kering yang berbentuk stick sebesar ibu jari. Berbahan baku tepung ketan beraroma kayu manis.

Referensi :
Roti Kecik Ganep bertempat di Jl. Sutan Syahrir 176, Tambaksegaran



·      ORION
Adalah toko roti yang berumur puluhan tahun dan dikenal sebagai toko roti tertua di Kota Solo. Menu khas toko ini adalah roti mandarin.

Referensi :
Toko ini terletak di Jl. Urip Sumoharjo, utara pasar besar.



·      ABON SAPI DAN AYAM VARIA
Adalah oleh-oleh khas kota Solo.

Referensi :
Terletak di Jl. Coyudan 114, buka mulai jam 9 pagi. Toko ini selain abon juga menjual oleh-oleh khas lain seperti serundeng.



·      RAMBAK PETIS
Adalah salah satu makanan yang tidak boleh dilupakan saat mencari oleh-oleh khas Solo. Berbahan baku dari kulit sapi dan kerbau. Camilan ini diproses seperti membuat kerupuk. Yang unik dari panganan ini adalah petisnya. Petis ini semacam kecap yang dihidangkan bersama rambak, dibuat dari kaldu sapi yang diproses bersama gula dan bumbu khas.

Referensi :
Rambak Petis Pak Dul
Jagalan, RT 01/11, Jebres, Solo
No Telepon : 0271-638278








Sumber referensi diatas berdasarkan :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar